Tips Mendapatkan Izin Orang Tua Untuk Memelihara Hewan

Mungkin banyak dari kita yang tertarik memelihara hewan peliharaan namun tak diberikan izin oleh orang tua. Alasan mereka bervariasi, mulai dari perawatan yang mahal, repot, dan lain sebagainya.

Namun faktanya, memelihara hewan juga memiliki berbagai manfaat. Memelihara hewan juga bisa membuat kita lebih dekat dengan keluarga, lebih bertanggung jawab, serta bisa sedikit memperbaiki suasana hati orang di dalam rumah.

Tips Mendapatkan Izin Untuk Memelihara Hewan

Nah, sebelum meminta izin kepada orang tuamu, cobalah untuk menerapkan kiat-kiat yang tertera dibawah ini.

1.Lakukan Riset Mengenai Hewan Yang Kalian Inginkan

Luangkanlah waktu untuk membaca buku atau menelusuri laman intrnet demi mendapatkan berbagai informasi penting mengenai hewan peliharaan idamanmu.

Kemudia, tanyakan juga pendapat orang-orang terdekat yang sedang atau pernah memelihara hewan tersebut mengenai pengalaman mereka selama ini.

Semakin banyak informasi yang kalian ketahui, semakin meyakinkan juga argumentasi yang nantinya bisa kamu berikan saat menerima pernyataan orang tuamu.

Berusahalah sebaik mungkin untuk mengetahui seluruh informasi mengenai hewan peliharaan yang kamu inginkan.

 Jika ada karakteristiknya yang tidak kamu sukai (seperti mengonsumsi binatang hidup, dapat hidup selama 30 tahun, membutuhkan ruang di luar rumah yang sangat luas, dsb.), jangan ragu mencari alternatif pengganti yang terasa lebih cocok untukmu.

Dengan mengetahui berbagai informasi yang penting, kamu bisa membagi satu atau dua di antaranya kepada orang tua secara kasual selagi mengizinkan mereka untuk memproses keputusannya.

Cek hukum yang berlaku di wilayah tempat tinggalmu jika ingin memelihara hewan yang eksotis. Misalnya, elang Flores tidak boleh dipelihara di Indonesia karena populasinya yang sudah sangat langka dewasa ini.

2.Tetap Tenang dan Sabar

Ingat, memiliki hewan peliharaan merupakan keputusan yang akan merubah gaya hidupmu dan keluargamu. Itulah kenapa orang tuamu akan memerlukan waktu untuk berpikir dalam waktu yang tidak menentu.

Untuk menunjukkan kedewasaan dan tanggung jawabmu dalam memelihara hewan, pastikan kamu bersikap tenang dan sabar sebelum mengajukan keinginan tersebut.

Kamu harus merawat hewan tersebut selama beberapa tahun. Jika tiba-tiba ketertarikanmu terhadap hewan tersebut lenyap dalam waktu beberapa bulan, artinya kamu memang tidak cocok untuk memelihara hewan.

Itulah mengapa, kamu harus meluangkan waktu untuk memikirkan investasi yang harus dilakukan setelah memelihara hewan tersebut.

3.Bersikap Seperti Orang Dewasa

Lakukan pekerjaan rumahmu, selesaikan tugas sekolahmu, dan hargai orang-orang di sekitarmu. Perilaku dewasa ini akan memudahkan orang tuamu untuk mempertimbangkan keinginanmu secara positif.

Selian untuk membuat mereka terkesan, melakukanna juga akan menunjukkan tanggung jawab dari kedewasaanmu untuk merawat hewan peliharaan.

4.Menabunglah untuk berkontribusi dalam proses pembelian hewan peliharaan

Jika orang tua memberikan uang jajan untukmu, tabung uang tersebut dan tunjukkan kesediaanmu untuk berkontribusi terhadap proses pembelian hewan.

Jika tidak, cobalah bekerja sambilan atau melakukan pekerjaan rumah tangga ekstra. Jika usiamu sudah cukup dewasa, tidak ada salahnya melakukan pekerjaan paruh waktu untuk membeli hewan dengan uangmu sendiri!

Bersama orang tuamu, diskusikan apa yang bisa kamu lakukan untuk memiliki hewan peliharaan. Pekerjaan apa yang bisa kamu lakukan di dalam rumah atau di kompleks tempat tinggalmu?

Bagaimana performa akademismu? Bisakah kamu melakukan pekerjaan rumah ekstra, bekerja sukarelawan, atau membantu sekitar dengan cara lain, seperti bekerja sosial untuk komunitas lokal?

Itulah 4 tips untuk mendapatkan izin dari orang tuamu untuk memelihara hewan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *