Animal Lovers In The World

Spesies Hamster Lucu Cocok Untuk Dipelihara

Memelihara hewan merupakan hobi yang taka sing lagi. Biasanya, orang-orang memilih anjing atau kucing untuk dipelihara karena mereka memiliki sifat yang atraktif.

Namun, tak jarang juga ada orang yang tidak terlalu suka dengan hewan yang atraktif. Karena itu, mereka memilih untuk memelihara reptile, kelinci, maupun hamster.

Spesies Hamster Lucu di Indonesia

Hamster seringkali disebut sebagai tikus. Padahal, hamster bukan termasuk jenis tikus, walaupun sama-sama hewan pengerat.

Ada beberapa jenis hamster yang sering dijumpai di Indonesia. Penasaran ada apa saja? Yuk simak di bawah ini.

1.Hamster Syrian

Hamster jenis ini ditemukan di gurun timur tengah daerah Syria / suriah. Hamster ini merupakan jenis hamster yang paling besar ukurannya, hampir menyerupai tikus.

Selain besar, hamster ini juga punya gerakan yang lambat dan cenderung lebih jinak. Hamster Syrian mempunyai corak warna yang beragam, seperti panda (Black Mottled), golden, cinnamon, dan lain sebagainya.

Uniknya lagi, jenis ini satu-satunya yang mempunyai varian bulu longhair, seperti pada kucing anggora. Hamster ini sangat dianjurkan untuk dipelihara anak-anak, karena sifatnya yang jinak dan gerakannya yang lambat.

2.Hamster Campbell

Hamster Campbell merupakan jenis hamster dwarf atau jenis hamster berukuran kecil. Ukurannya lebih kecil dari hamster Syrian, dan memiliki bentuk yang berbeda serta sama sekali tidak menyerupai tikus.

Walau terlihat lucu, namun jenis hamster ini merupakan yang paling agresif di antara jenis hamster lainnya.

Karena sifatnya yang sedikit galak, hamster ini akan menggigit anda jika kamu tidak tahu cara menghandle hamster ini. Makanya hamster ini sangat tidak disarankan untuk dipelihara anak-anak dan pemula yang baru memelihara hamster.

3.Hamster winter white

Winter white atau yang sering disebut WW merupakan jenis hamster yang sangat mirip dengan hamster Campbell.

Sulit untuk membedakan mereka, apalagi untuk kalian yang belum berpengalaman tentang hamster. Perbedaannya terletak pada tingkat agresifnya.

Hamster WW lebih jinak dibanding Campbell. Jadi, buat kamu yang ingin memelihara hamster seperti campbell, hamster WW bisa jadi alternatif buat kamu karena hamster WW lebih jinak.

Namun varian warna hamster WW lebih sedikit dari hamster campbell. Jadi, hamster ini termasuk aman untuk dipelihara anak-anak dan pemula.

4.Hamster Roborovski

Hamster yang paling kecil, gesit, dan lincah di antara hamster ;ainnya ini terkenal dengan larinya yang cepat dan agresif.

Biasanya, jenis ini sering dijadikan ajang balap hamster. Hamster roborovski atau biasa disebut robo hanya memiliki 2 varian warna, yaitu brown face dan juga white face.

Walaupun paling kecil dan hanya mempunyai dua warna, hamster robo mempunyai daya tarik tersendiri untuk dipelihara.

Namun kurang disarankan untuk anak-anak. Bukan karena agresif, tapi karena hamster ini terlalu lincah, ditakutkan anak-anak tidak bisa menghandle hamster robo, yang bisa membuat hamster akan kabur melarikan diri.

Hamster merupakan hewan yang bersih, beda dengan tikus. Jadi, kamu tidak perlu khawatir selama kamu rajin membersihkan kandang.

Pilihlah jenis hamster yang aman untuk anak kecil di tempatmu, kamu bisa membeli hamster ini di pet shop atau di grup jual beli hamster.

Empat jenis hamster tadi merupakan jenis yang sering dijumpai di Indonesia. Selain murah dan tak memakan banyak tempat di rumah, kamu juga bisa melepaskan stress dengan memelihara hamster.

Tertarik membeli dan memelihara mereka?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *