Sulcata Eksotis

PELIHARAAN EKSOTIS KURA-KURA SULCATA

Kura-kura kerap dijadikan hewan peliharaan. Teman-teman memelihara kura-kura di rumah? Salah satu kura-kura yang unik dan kerap dijadikan hewan peliharaan adalah kura-kura sulcata. Kura-kura tipe sulcata punyai harga hingga Rp 2 juta sementara berukuran kecil. Saat kura-kura sulcata berumur 5-6 tahun, harganya berkisar Rp 7 juta hingga Rp 15 juta. Di balik harga yang mahal itu, ternyata kura-kura tipe sulcata telah terancam punah. Pesilat Iko Uwais pun tidak jadi membeli hewan eksotis karena kasihan terhadap populasinya.

Kura-Kura Sulcata

Hewan ini terdaftar punah dikarenakan hilangnya habitat dan amat banyak yang ditangkap. Kura-kura sulcata adalah salah satu tipe kura-kura yang dikenal terhitung sebagai African spurred tortoise. Kura-kura tipe ini merupakan tipe kura-kura terbesar di dunia, loh. Kura-kura sulcata terhitung menjadi kura-kura yang mudah beradaptasi bersama kondisi lingkungannya.

Untuk itu, banyak orang yang menentukan untuk memelihara kura-kura sulcata. Perlu diketahui, kura-kura sulcata adalah satu hewan yang punya umur cukup panjang. Maka dari itu, amat penting bagi pemilik kura-kura sulcata menyadari anjuran lengkap memelihara kura-kura ini supaya kesegaran mental maupun fisik kura-kura senantiasa di dalam kondisi optimal. Kura-kura sulcata berasal dari dataran Afrika, yaitu dari Gurun Sahara dan Sahel.

Wilayah itu merupakan eko transisi dari padang rumput semi-kering, semak belukar, dan sabana Afrika Utara. Sulcata dewasa kebanyakan punya panjang cangkang 46 hingga 92 cm, bersama berat lebih kurang 45 hingga 68 kilogram. Kura-kura yang hidup di wilayah gurun ini memliki kemampuan beradaptasi yang hebat bersama panas ekstrem.

Di wilayah asalnya, kura-kura ini bertahan hidup bersama menggali lubang sedalam 80 cm untuk berlindung dari panas matahari. Banyak  artis di Indonesia yang memelihara kura-kura ini salah satunya Irfan Hakim, berkat kemenangannya memainkan Slot 77 Online dia langsung membeli kura-kura sulcata dan aldabra serta binatang eksotis lainnya.

Jenis Makanan bagi Kura-Kura Sulcata

Kura-kura sulcata merupakan hewan herbivora. Dengan begitu, 95 % makanan kura-kura ini adalah sayuran dan rumput. Komposisi selanjutnya adalah pola makan tepat bagi kura-kura sulcata dikarenakan mereka perlu kandungan serat yang cukup tinggi, dan nutrisi yang tepat untuk perkembangan yang stabil. Lalu, apakah susah mencari makan untuk kura-kura sulcata? Jawabannya, tidak.

Sulcata

Kamu bisa memberikan tipe rumput, jerami, hingga rumput gandum sudah banyak dijual di online shop untuk hewan. Tidak cuma itu, kamu terhitung bisa memberikan camilan sehat untuk kura-kura sulcata, seperti labu, daun mint, daun anggur, hingga kaktus. cukup mudah bukan? Kura-kura sulcata terhitung perlu kalsium cukup tinggi untuk perkembangannya. Tidak tersedia salahnya, memberikan sumber kalsium yang tepat bagi kura-kura sulcata, seperti daun murbei dan anggur.

Pemberian buah terhitung bisa dilakukan. Namun, buah punyai kandungan air dan gula yang cukup tinggi. Untuk itu, sebaiknya memberikan buah setiap dua minggu sekali. Pastikan makanan yang dikonsumsi oleh kura-kura sulcata tetap di dalam kondisi fresh dan terhindar dari pestisida.

Hindari sayuran hijau yang punya kandungan oksalat, seperti bayam, sawi, kangkung, brokoli, dan kembang kol dikarenakan beresiko bagi kura-kura sulcata. Jangan lupa untuk senantiasa sedia kan air bersih setiap hari di dalam piringan dangkal supaya kura-kura sulcata mudah mencapainya.

Habitat Kura-Kura Sulcata

Untuk kesegaran kura-kura sulcata, pastikan kondisi kandang kura-kura cocok bersama habitat aslinya. Kura-kura sulcata amat tepat dipelihara pada lingkungan terbuka bersama kondisi cuaca hangat dan kering. Selain itu, pastikan kandang kura-kura sulcata berukuran besar dan tidak amat kecil terkecuali dibandingkan bersama tubuh kura-kura. Sebaiknya hindari membawa dampak kandang kura-kura sulcata bersama material kaca. Kondisi ini akan membawa dampak kura-kura terus melewatinya yang berisiko membuat kura-kura menjadi stres.

Kura-Kura Sulcata Besar

Bahkan, ada genangan air di dalam kandang kaca menambah risiko kesegaran pada cangkang dan pernapasan kura-kura. Tidak cuma itu, kamu terhitung harus tempatkan komponen lain sebagai dasar kandang dari https://bacardi.splashthat.com/. Campuran tanah dan pasir steril menjadi komponen yang tepat untuk kandang kura-kura mengingat kura-kura sulcata merupakan penggali ulung.

Hindari memberikan tanaman atau tumbuhan palsu di dalam kandang. Kura-kura akan penasaran dan memakannya. Maka dari itu, sebaiknya pastikan kamu menggantinya bersama tanaman atau tumbuhan fresh yang bisa menjadi makanan kura-kura sulcata. Tanaman kaktus pir, spider plants, rumput gandum, dan hosta menjadi tanaman yang cocok untuk ditaruh di kandang kura-kura sulcata.