Animal Lovers In The World

Jenis Ikan Hias Cupang yang Cocok Dipelihara

Indonesia merupakan negara maritim yang kaya akan kawasan laut yang luas. Berbagai macam jenis ikan dapat kita jumpai di lautan Indonesia ini, mulai dari ikan yang konsumsi ataupun ikan hias untuk di pelihara. Selain ikan air asin atau air laut ada juga ikan yang berasal dari air tawar, salah satunya adalah ikan hias cupang. Ikan ini juga banyak digemari oleh banyak orang, karena untuk perawatan dan kelebihan hidup tanpa bantuan alat bantu oksigen atau aerator.

Ikan yang banyak dijumpai di berbagai negara Asia ini, seperti Thailand, Malysia, Vietnam, Singapura, dan Brunei Darussalam. Nah, berbiacara mengenai ikan cupang. Tahukah kalian? bahwa ikan cupang memiliki beragam varian jenis dan bentu yang menarik serta lucu. Yuk, langsung saja simak lengkapnya daftar pembahasan di bawah ini.

Daftar Varian Jenis Ikan Cupang yang Cocok Dipelihara di Rumah

1. Fancy

Jenis ikan cupang hias yang pertama ini memiliki keunggulan kombinasi warna yang cantik layaknya sebuah lukisan. Tidak heran jika ikan cupang yang satu ini di banderol dengan harga yang cukup mahal. Ikan cupang yang satu ini di banderol dengan harga kurag lebih berkisar 100 ribu hingga jutaan rupiah. Karena semakin cantik warna cupang ini, semakin mahal juga harga ikan cupang ini.

2. Giant

Selanjutnya adalah ikan cupang hasil persilangan dari berbagai macam jenis ikan cupang yang memiliki badan lebih besar dibandingkan ikan lainnya. Jenis ikan cupang ini memiliki nukuran mencapai 8 cm hingga 18 cm. Cupang yang sering dijumpai di Tahiland ini, pada umumnya hidup di sungan dan danau. Ikan jenis ini memiliki sifat agresif, sehingga cocok dijadikan ikan aduan. Untuk harga ikan ini di banderol dengaan harga yang cukup lumayan, berkisaran harga 500 ribu sampai jutaan rupiah.

3. Halfmoon

Berikutnya adalah ikan cupang yang memiliki bentuk ekor dan sirip mirip dengan bulan sabit. Jenis ikan ini merupakan hasil perkawinan yng dilakukan seorang ilmuan di Amerika Serikat. Bentuk yang unik serta dengan warna yang indah ini di banderol dengan harga kurang lebih berkisar 100 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

4. Slayer

Cupang yang satu ini merupakan hasil perkawinan antara ikan cupang halfmoon dengan serit. Bentuk dan warna yang dihadirkan ikan ini sangat indah, sehingga cukup digemari oleh berbagai kalangan. Ikan jenis ini juga relatif mudah diperoleh dan di banderol dengan harga kurang lebih berkisar 0 ribu sampai ratusan ribu rupiah.

5. Plakat

Daftar selanjutnya ini adalah jenis ikan yang berasal dari Thauland dengan ciri khas berupa sirip dan ekor yang pendek. Ikan jenis ini relatif memiliki ukuran yang besar dengan warna yang tidak begitu mencolok. Tubuh yang kokoh, besar, dan agresif ini cocok dijadikan sebagai ikan aduan. Untuk ikan jenis ini di banderol berkisar dengan harga kurang lebih 50 ribu sampai jutaan rupiah.

6. Double Tail

Yang terkahir ini adalah salah satu jenis ikan cupang yang cukup di bilang langka, jadi tidak heran jika di banderol dengan hrga yang cukup mahal untuk ikan ini. Ikan ini memiliki sebuah keunikan di mana siripnya yang bercabang atau ganda yang merupakan hasil dari perkawinan silang antar jenis induk cupang.

Itu dia 6 daftar jenis ikan cupang yang wajib kalian ketahui. Untuk kalian para pecinta ikan atau komunitas ikan, kalian bisa memilih atau memiliki ikan yang ada di atas ini ya sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *