Cara Mudah Melatih Anjing Peliharaan

Untuk memiliki anjing yang pintar, mereka harus dilatih sejak mereka masih kecil. Anak anjuing harus dilatih untuk melakukan berbagai hal agar ia menjadi anjing yang baik.

Ia tak dilahirkan untuk mengerti bagaimana cara bermain dengan baik, buang air di tempat yang ditentukan di halaman, dan berjalan dengan tali kekang di samping kalian.

Kalian mungkin harus menghabiskan beberapa bulan untuk mengajarkan anak anjing agar bisa melakukan semua hal ini.

Cara Melatih Anjing Peliharaan Dengan Cepat

Gunakan gaya latihan yang tegas namun lembut untuk membimbing anak anjing melakukan latihan yang perlu dipelajarinya.

Dengan segera, ia akan tumbuh menjadi anjing yang matang dan berperilaku baik serta mendapat tempat khusus dalam keluarga kalian.

Lalu, bagaimana cara tepat untuk melatih mereka?

1.Tentukan Kata Kunci dan Terus Gunakan

Pastikan semua anggota keluarga anda menggunakan kata-kata yang sama untuk melatih anjing anda.

Jika anda menggunakan kata-kata yang berbeda dengan anggota keluarga yang lain, anjing mungkin kebingungan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk belajar.

Contohnya, untuk melatih mereka duduk, pastikan semua orang menggunakan kata “duduk”. Jangan buat variasi perintahnya sama sekali.

Dengan kata lain, jangan ucapkan kata “duduk diam” atau “diam” untuk mengajarkan anjing anda agar duduk gunakan hanya kata “duduk” atau anjing anda akan bingung.

2.Ikuti Aturan Ini Setiap Saat

Pastikan kalian mengawasi peraturan yang sudah kalian tentukan. Jangan sampai kalian mengikuti aturan yang kalian buat sendiri secara setengah-setengah, atau melanggarnya pada saat-saat tertentu.

Contohnya, jika kalian tidak ingin anjing naik ke perabot rumah, pastikan aturan ini dijalankan setiap saat.

Jika kalian melarangnya naik ke perabot di hari biasa dan mengizinkan ia ke atas sofa di akhir pekan, ia akan semakin sering naik ke sofa tersebut.

3.Cari Apa Yang Menjadi Motivasi Anjing Anda

Latihan akan sangat efektif saat kalian memberikan hadiah atas perilaku yang baik. Kalian bisa memberikan hadian bagi anjing anda dengan menggunakan kudapan, atau dengan menyanjung dan memujinya.

Cari tahu apa yang membuat anjing kalian paling bahagua dan gunakan hal ini untuk menghadiahinya saat ia melakukan sesuatu yang baik.

Pastikan kalian memberik hadiah dengan segera, hal ini penting. Seiring berjalannya waktu, kalian harus mulai mengurangi kudapan agar anjing tidak selalu mendapatkannya setiap kali ia menjalankan perilaku yang kalian inginkan.

Dengan begitu, anjing belajar untuk berusaha lebih keras karena ia tidak bisa berharap bahwa ia akan selalu mendapatkan hadiah.

Jika ia mengira ia pasti selalu diberi hadiah, ia bisa menjadi anjing yang malas. Mulailah mengirangi frekuensi setelah anjing anda terbiasa berperilaku sesuai keinginan anda, dengan presentase 80%.

4.Gunakan Clicker

Clicker merupakan cara yang efektif untuk mendukung perilaku baik dan memberitahu anjing anda bahwa anda akan segera memberikannya kudapan.

Memberi hadian langsung segera setelah anjing anda bertindak dengan baik adalah hal yang penting namun tak selalu mungkin dilakukan.

Gunakan clicker dalam sesi latihan anda untuk membantuk mendukung perilaku baik saat kalian tidak menyiapkan kudapan di tangan. Mulailah dengan mengajarkan anjing untuk menghubungkan suara clicker dengan hadiah.

5.Pahami Bahwa Hukuman Bukan Cara Latihan Yang Efektif

Berteriak atau memberik hukuman fisik pada anjing bukanlah cara efektif untuk mengubah perilakunya. Ia tak akan paham mengapa ia dihukum dan hal ini malah bisa membuat perilakunya lebih buruk.

Contohnya, jika anjing anda pipis di lantai, jangan marahi dirinya. Jika kalian melakukannya, ia akan berpikir anda marah karena ia buang air, alih-alih menyadari bahwa ia telah pipis di tempat yang salah.

Tepukkan tangan untuk mengalihkan perhatian dan membuatnya berhenti daripada meneriakinya. Lakukan ini saat kalian memergoki ia buang air. Lalu bawa ia keliar ke lokasi toilet dan tunggu hingga selesai.

Itulah 5 cara untuk melatih anjing peliharaan kalian dengan baik. Proses diatas tentu saja membutuhkan waktu dan kesabaran dari kalian juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *