Cara Merawat Sugar Glider Untuk Para Pemula

Bagi kamu yang berniat untuk memelihara Sugar Glider, merawatnya harus benar – benar diperhatikan. Hal ini karena Sugar Glider merupakan hewan yang tergolong mudah sakit dan juga cepat mati. Bagi kamu yang belum tahu Sugar Glider, hewan ini merupakan hewan kecil lucu yang gemar memakan makanan manis.

Selain itu hewan kecil satu ini juga suka berpindah – pindah dengan meluncur atau glide. Untuk yang betina, terdapat keunikan pada bagian perutnya, yaitu terdapat sebuah kantong seperti yang ada pada Kanguru juga Koala.

Sugar Glider yang umumnya ditemui biasa berwarna abu – abu dengan dada berwarna cream dan bulu sepanjang tulang belakang berupa garis berwarna hitam. Ekornya cukup yang cukup panjang memiliki fungsi untuk menyeimbangkan tubuh saat sedang meluncur.

Bagi kamu yang berniat merawat hewan lucu ini, berikut ada beberapa cara dalam merawat Sugar Glider.

Begini Cara Merawat Sugar Glider

1.Cari Kandang yang Cocok

Saat baru akan membeli hewan, pastikan ia memiliki tempat yang nyaman untuk ditempati. Karena Sugar Glider merupakan hewan yang gemar meluncur, kamu harus menyediakan kandang yang berukuran besar, jadi ia dapat meluncur dari sisi satu ke sisi lainnya.

Jangan sampai kamu gunakan kandang yang terbuat dari baja galvanis, karena jika Seugar Glider terkena karat dari baja tersebut, ia dapat terserang infeksi kandung kemih.

Pilihlah kandang yang terbuat dari jaring atau jeruji horizontal yang dapat Sugar Glider gunakan untuk memanjat.

2.Sediakan Kantong, Tangkai dan Mainan

Sugar Glider merupakan hewan nokturnal yang terbiasa untuk tidur di pohon ketika di alam liar. Agar kandang yang ia tempati dapat membuatnya nyaman, kamu bisa sediakan kantong kecil berbahan wol atau rumah burung dari kayu yang aman. Kayu yang direkomendasikan seperti jenis eucalyptus, manzanita atau kayu pohon apel.

Lalu karena Sugar Glider merupakan hewan yang mudah untuk stress dan depresi jika tidak diberi stimulasi, kamu dapat menambahkan tangkai atau mainan agar bisa menstimulasi otak juga fisiknya.

3.Beri Makanan dan Minuman Sehat

Faktor terpenting dalam merawat hewan asli Australia ini adalah makanannya. Sugar Glider menyukai telur burung, kadal, serangga dan makanan liar lain. Ia membutuhkan lemak, protein, mineral, dan gula agar nutrisinya terjamin.

Rajin memberikannya camilan juga merupakan sebuah cara yang dapat dilakukan untuk merawat sugar glider. Camilan yang bisa kamu coba berikan adalah ulat Hongkong, pepaya kering, kelapa kering bebas sulfur, yogurt, dan banyak lainnya.

Hewan kecil ini juga menggemari makanan yang dapat dijiat, seperti bubur apel, makanan bayi, atau yogurt. Mereka tidak suka dengan pelet, makanan anjing, dan juga kucing.

Pastikan kamu memberikan Sugar Glider makanan yang tidak berwarna, pengawet, dan pemanis buatan yang tidak alami. Lalu berikan secara langsung dengan tangan kamu untuk bisa membangun ikatan atau bonding dengan peliharaanmu itu.

Hindari pemberian makanan seperti kacang – kacangan karena dapat menyumbat usus dan menimbun lemak terlalu banyak. Jangan juga berikan serangga liar yang kemungkinan mengandung pestisida atau pupuk. Jangan juga berikan makanan kaleng dan bawang, karena dua komponen ini dapat menghancurkan sel darah merah pada Sugar Glider.

4.Beli Sepasang Sugar Glider

Sugar Glider juga membutuhkan sosialisasi dalam hidupnya, oleh karenanya beli minimal 2 Sugar Glider agar ia tidak merasa kesepian. Jadi Sugar Glidermu dapat tumbuh secara baik juga sehat.

5.Penyakit pada Sugar Glider

Terdapat beberapa penyakit yang sering menyerang hewan lucu satu ini, seperti terjangkit parasit atau kutu karena jarang dibersihkan, mengalami luka gores karena benda tajam, gangguan pencernaan setelah makan, terlalu gemuk karena memakan banyak makanan berlemak, dan juga mengalami stress karena kurang bersosialisasi.

Itulah beberapa cara untuk kamu yang baru akan memelihara Sugar Glider. Jangan sampai kamu memelihara Sugar Glider namun tidak tahu bagaimana cara merawat hewan yang dapat dikatakan cukup rapuh ini. Semoga bermanfaat!