Cara Merawat Anak Anjing dengan Baik

Merawat anjing memang menyenangkan, namun bagaimana jika kamu tiba – tiba mendapatkan anggota baru dari anjing tersebut? Tentu perawatan anak anjing berbeda dengan induknya. Kamu harus selalu memastikan bahwa anak anjing tersebut nyaman, tidak sakit, dan pastinya tidak kekurangan asupan. Karena jika tidak anak anjing akan dengan mudah mati, pasti kamu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Lalu bagaimana cara merawat anak anjing dengan baik? Berikut ini kami berikan sedikit ulasan mengenai bagaimana cara merawat anak anjing.

Cara Merawat Anak Anjing

1.Pastikan Apa Jenis Anak Anjing Tersebut

Yang paling pertama harus kamu ketahui adalah apa jenis anjing tersebut. Karena kamu harus menyesuaikan keadaan di rumah dengannya, apakah anjing ini cocok dengan iklim yang ada di tempat kamu tinggal?

Semua ini merupakan faktor dasar yang memang harus kamu ketahui. Karena jika tidak anak anjing dapat mati karena kepanasan atau bahkan kedinginan.

2.Pastikan Rumah Tempat Aman Bagi Anak Anjing

Kedua kamu harus memastikan bahwa rumah kamu aman bagi anak anjing tersebut. Karena anjing suka menggigit dan menjelajah dengan mulutnya, pastikan objek yang ada di rumah tidak akan membahayakannya. Seperti singkirkan barang – barang yang mudah pecah dari jangkauannya, jauhkan kabel listrik, dan simpan perlengkapan kimia atau sabun pada tempat aman.

3.Persiapkan Ruang Baginya

Hal ketiga yang wajib menjadi perhatian adalah kamu harus memiliki tempat yang ideal bagi si anak Anjing. Kalau bisa berikan tempat yang sesuai dengan jenisnya. Berikan tempat yang sejuk jika memang ia membutuhkan tempat sejuk, berikan tempat hangat jika ia bukan merupakan anjing pecinta dingin.

Selain itu pastikan kamu tetap dapat mengontrolnya di tempa itu, jadi kamu tahu apakah ia perlu untuk buang air atau tidak.

4.Beli Dua Buah Mangkuk Logam

Jika kamu bingung hendak menggunakan apa untuk memberi makan anjing ini, gunakan lah mangkuk logam. Hal ini karena mangkuk jenis ini tidak mudah untuk terkikis dan juga lebih mudah untuk dibersihkan.

Kami sarankan jika anak anjing kamu tidak hanya satu, berikanlah 1 mangkuk kepada 1 anjing. Hal ini untuk menghindari baku hantam antar hewan peliharaan kamu.

5.Siapkan tempat tidur

Selain tempat, anak anjing juga membutuhkan tempat tidur. Kamu bisa membuatnya dengan hanya menambahkan bantal pada kandangnya, atau menggunakan keranjang yang diisi dengan tumpukan baju tak terpakai atau handuk. Apapun yang menjadi pilihan kamu, pastikan tempat tidur tersebut lembut, nyaman, juga kering.

6.Berikan Banyak Hiburan Untuknya

Anak anjing biasanya memiliki banyak tenaga yang harus dihabiskan, jadi pastikan kamu memiliki mainan yang dapat membuatnya sibuk. Seperti permainan kunyah, permainan karet. Mainan ini harus kuat agar anjing tidak dengan mudah merusaknya.

Janngan berikan tulang – tulangan karet kepada anjing, karena lebih baik berikan kudapan tulang – tulangan kepada anjing. Khawatir ia berusaha memakannya dan tersedak.

7. Persiapkan Tali Kekang

Kalung dengan ukuran yang tidak tepat dapat menyakiti leher anak anjing dan melukai tenggorokannya. Jadi ingat anak anjing kamu dapat bertumbuh, sehingga kamu wajib untuk dapat menentukan ukuran tali kekang yang tepat.

8. Sering – sering memanjakannya

Sering – seringlah kamu membelai anak anjing ini, baik pada bagian kaki, kepala, dan tubuhnya. Pastikan lakukan ini beberapa kali sehari agar anak anjing merasa disayangi. Ini akan memunculkan ikatan yang kuat antara kamu dan anak anjingmu.

Semoga informasi tentang bagaimana cara merawat anak anjing ini dapat membantu kamu dalam mengasuh keluarga baru itu, ya. Oh ya, jangan lupa untuk melakukan vaksinasi pada anak anjing, pilihlah dokter yang memang sudah ahli dalam melakukannya.