Animal Lovers In The World

8 Jenis Kelinci Yang Cocok Untuk Kamu Pelihara

Ada banyak sekali pilihan memelihara hewan. Seperti misalnya anjing, kucing, burung, serta kelinci. Kelinci sendiri memiliki banyak penggemar.

Ternyata, berbagai jenis kelinci juga memiliki kecerdasan. Mereka bisa merepons perkataan manusia serta mengenal nama mereka seperti hewan peliharaan lainnya.

8 Jenis Kelinci Peliharaan

Selain itu, kelinci juga memiliki sifat yang manja dan sangat suka dibelai. Karena itulah kelinci sangat cocok untuk dijadikan peliharaan.

Berikut ini ada berbagai jenis kelinci yang cocok untuk kalian jadikan peliharaan di rumah.

1.German Angora

Keluarga kelinci jenis Angora memiliki karakteristik bulu yang tebal seperti benang wol. Namun, jenis ini cukup unik.

Perbedaan yang paling mencolok adalah bagian kepala hingga lehernya yang berwarna hitam dengan bulunya yang putih polos.

Kelinci ini juga memiliki ukuran tubuh yang normal seperti kelinci biasa. Karena itulah, jenis ini sangat cocok untuk dipelihara.

2.Giant Angora

Posturnya yang besar serta bulunya yang lebat menyelimuti seluruh tubuh membuat kelinci Giant Angora terlihat seperti buntelan bulu raksasa.

Giant angora sendiri merupakan hasil persilangan dari kelinci Dlemish Giant, German Angora, dan French Lops.

Karena bulunya tebal, kelinci jenis ini membutuhkan lebih banyak perawatanrutin agar selalu bersih jika dipelihara di ruang terbuka seperti taman.

Porsi makanan jenis ini juga tentu saja lebih banyak jika dibandingkan dengan kelinci local.

3.Netherland Dwarf

Netherland Dwarf merupakan kelinci ternak asal Belanda yang cocok sebagai peliharaanmu. Kelinci ini merupakan kelinci terkecil di dunia.

Netherland Dwarf dewasa hanya memiliki berat rata-rata sekitar 1 – 1,5 Kilogram. Namun, kelinci ini punya sifat yang tidak suka diangkat dan cenderung bertindak agresif jika digendong secara paksa tanpa kehendak mereka.

4.Havana

Kelinci Havana merupakan hasil ternal kelinci di Belanda pada akhir abad ke-19. Nama kelinci Havana ini terinspirasi dari warnanya yang kecoklatan eperti cerutu khas Kuba.

Karakternya yang tenang dan hangat membuat kelinci ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.

5.Dwarf Hotot

Kelinci hotot memiliki ukuran yang normal. Namun, para pelaku ternak di Jerman menyilangkan beberapa jenis kelinci Hotot hingga menghasilkan kelinci super mungil yang kemudian diberi nama Dwarf Hotot.

Kelinci ini juga bisa hidup di ruangan terbatas, jadi, kamu gak perlu punya rumah yang besar untuk memeliharanya.

6.Himalaya

Kelinci ini sering disebut sebagai kelinci China atau kelinci Rusia. Warnanya dominan putih dengan warna gelap di sekitar hidung, telinga, ekor, dan kaki.

Saat dikawinkan, kelinci jenis ini hanya mampu melahirkan 2 hingga 6 ekor anak saja. Selain itu warna matanya juga unik, yaitu berwarna merah atau pink.

7.English Lop

Ciri khas utama dari kelinci ini adalah telinganya yang panjang. Saat berusia 4 bulan, telinganya akan turun hingga menyentuh tanah.

Kelinci satu ini merupakan hasil mutase gen dari kelinci Angora, Himalaya, dan Dutch. Bobotnya sekitar 4 hingga 6 kg karena tubuhnya cukup besar.

8.French Lop

Kelinci satu ini memiliki ukuran yang cukup besar. Berat badannya bisa mencapai 12 kg. French Lop merupakan hasil perkawinan jenis English Lop dan Flemish Giant.

Karena perkawinan ini yang menyebabkan French Lop bertubuh besar dan berat. Telinganya juga sangat unik dan panjang.

Itulah 8 jenis kelinci yang imut dan lucu yang bakal cocok banget buat kalian jadikan sebagai hewan peliharaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *